Manfaat Mainan Anak

MAINAN ANAK – Siapa yang masa kecilnya tidak pernah mengenal mainan, dari mainan tradisional sampai mainan digital/elektronik. Klo jaman sekarang banyak anak-anak yang sering bermain dengan mainanan digitalnya, mulai dari mainan yang murah sampai mahal di berikan oleh orang tuanya untuk menyenangkan anak mereka. Sebenarnya mainan anak tersebut di berikan bukan tanpa alasan, tujuannya untuk merangsang otak dan semua indera si anak.

Mainan Anak

Mainan Anak



Berbagai jenis benda dihasilkan untuk digunakan sebagai mainan, akan tetapi barang yang diproduksi untuk tujuan lain dapat pula digunakan sebagai mainan. Sebagai contoh misalnya, seorang anak dapat mengambil suatu alat rumah tangga dan 'menerbangkannya' keliling rumah, membayangkan bahwa benda tersebut adalah sebuah pesawat terbang. Jenis barang lain yang dipasarkan sebagai mainan, ditujukan terutama sebagai barang-barang koleksi dan barang-barang dari jenis ini tidak umum untuk dimainkan.

Berbagai jenis mainan (ribuan jenis) telah diciptakan oleh manusia, dari tahun ke tahun, bahkan setiap generasi memiliki jenis / type mainan masing-masing.

APA FUNGSI MAINAN ANAK EDUKATIF ???

1. memperhalus otot motorik halus, karena mainan ini bisa dibongkar pasang
2. melatih daya kosentrasi buah hati anda
3. meningkatkan daya visual dan daya kreatif dalam imajinasi fiktif

Usia 0-5 tahun sering disebut tahap perkembangan penting dalam pertumbuhan anak. Di masa ini, anak seharusnya lebih banyak bermain karena aktivitas tersebut dapat membantu pengembangan otaknya. Mainan seperti apa yang sebaiknya dipilih orangtua?

Anak sebaiknya mendapatkan mainan yang tepat sesuai perkembangan usianya. Hal itu karena ketika anak bermain, ada banyak hal yang bisa dilatih mulai dari fisik maupun emosionalnya.

Permainan memasukkan bentuk seperti lingkaran, segitiga dan persegi, ke dalam kotak. Ketika bermain dengan permainan tersebut anak tidak hanya belajar mengenai bentuk, tapi juga sebab-akibat, kesabaran, dan lain-lain.

Pentingnya bermain untuk anak di usia 0-5 tahun ini. Masa 0-5 tahun otak berkembang pesat, sehingga orangtua sebaiknya memaksimalkan dengan memberikan mainan yang dapat merangsang kemampuan anak.

"Ketika bermain anak merasa senang. Saat senang banyak yang bisa terserap ke otak,"

Saat memberikan anak mainan, sebaiknya ikutlah bermain dengan buah hati Anda, jangan hanya menontonnya bermain saja. "Kasih contoh bagaimana nikmatnya bermain dengan mainan itu. Karena terkadang buat anak yang penting itu suasananya”.

Para orang tua sekarang sudah harus bisa memilih mainan edukatif yang bermanfaat  bagi anaknya sesuai dengan umur si anak, agar dapat membantu perkembangan si anak. Semoga artikel ini dapat membantu orang tua.



Share on :
Manfaat Mainan Anak
Manfaat Mainan Anak
Reviewed by arief hariyadi
Published :
Rating : 4.5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar